Total Tayangan Halaman

Jumat, 21 September 2012

Mau Jadi Ken Arok?

Siapakah Ken Arok? Para pembaca pasti tahu siapa dia. Ya, dia adalah pendiri Kerajaan Singosari. Sebelum menjadi Raja di Singosari, Ken Arok mempunyai rekam jejak tidak baik dalam kehidupannya. Sejarah mencatat dia adalah seorang yang kerjaannya membuat onar, mulai dari merampok, mencuri, memperkosa, membunuh hingga kejahatan lain yang sebenarnya tidak pantas dilakukan oleh manusia. 

Kisah percintaan Ken Arok paling terkenal adalah dengan Ken Dedes. Istri seorang Akuwu di Tumapel, Tunggul Ametung. Kisah ini bermula ketika tersibaknya kemben Ken Dedes dan terlihatlah betisnya yang mengeluarkan cahaya sehingga membuat Ken Arok tertarik untuk memiliki wanita itu. Kepercayaan zaman dahulu apabila ada seorang wanita yang betisnya bercahaya, hanya raja yang dapat menikahinya dan dialah ibu yang akan melahirkan para raja di tanah Jawa.

Demi mendapatkan Ken Dedes, Ken Arok sampai tega membunuh Tunggul Ametung. Berbagai sumber sejarah menyebutkan bermacam versi bagaimana Ken Arok membunuh Tunggul Ametung. Ada yang menyebutkan bahwa dia membunuh dengan tangannya sendiri. Ada juga yang menyebutkan Ken Arok menggunakan tangan pengawal Tunggul Ametung yang berkhianat. Akhir dari kisah tersebut, Ken Arok pun berhasil menikahi Ken Dedes.

Peristiwa tersebut terjadi pada zaman dahulu, dimana hukum rimba masih berlaku. Siapa kuat, dialah menjadi raja. Begitu pula dalam memperebutkan seorang wanita. Siapa yang menang dalam perang, dialah yang mendapatkan wanita cantik yang menjadi rebutan. Tidak hanya di wilayah Nusantara, bahkan di belahan dunia lain juga terjadi peperangan atau pembunuhan dikarenakan seorang wanita yang menjadi rebutan. Misalnya, Cleopatra dari Mesir yang terkenal akan kecantikannya menjadi rebutan para raja di Mesir, Persia sampai Romawi.

Sebagai seorang Muslim pastinya kita akan menggunakan cara sesuai syariat Islam dalam mencari jodoh. Sah-sah saja kita mencintai setiap wanita, tetapi kita juga harus melihat apakah dia sudah mempunyai suami atau belum. Jangan sampai kita menjadi Ken Arok jilid 2. Terlebih suami dari wanita yang kita cintai adalah sesama Muslim. Dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 93: Dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahanam, ia kekal di dalamnya, dan Alloh murka kepadanya, dan mengutuknya serta menyediakan azab yang besar baginya.

Jelas disebutkan kalau kita diharamkan membunuh sesama Mukmin. Dalam ayat lain juga disebutkan: Sesama Mukmin adalah bersaudara. Satu mukmin terluka, maka yang lainnya akan ikut merasakan luka tersebut. Jadi, kita harus melindungi sesama saudara. Apabila kita sampai melukai, bahkan sampai membunuh saudara seiman kita, maka kita sama saja melukai dan membunuh diri kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar