Total Tayangan Halaman

Minggu, 01 Januari 2012

Kerjaan Brimob Itu Apa Sih???

 Masih hangat dalam ingatan kita tentang kasus Mesuji, Bima dan AAL, seorang anak kecil yang dituduh mencuri sandal milik anggota Brimob. Dan baru-baru ini saya juga membaca berita di salah satu media online yang menuliskan tentang peristiwa penganiayaan yang dilakukan oleh oknum Brimob terhadap seorang remaja yang masih duduk di bangku kelas 3 SMA. Kejadian ini menurut berita tersebut terjadi di Cipanas.
Lagi-lagi Brimob. Ya, itulah beberapa kasus yang terungkap oleh media. Terus yang tidak terungkap ada berapa dan bagaimana nasib para korbannya??
Brimob atau Brigade Mobil, adalah kesatuan elit milik Polri. Kesatuan ini merupakan kesatuan semi militer yang dilatih khusus layaknya tentara. Salah satu tugas pentingnya adalah membantu militer Indonesia (TNI) dalam menjaga kedaulatan negara apabila  terjadi perang. Itulah sebabnya mengapa kesatuan elit ini dilengkapi dengan senapan serbu dan kendaraan lapis baja.
Mengagetkan kita semua ketika kasus Mesuji terkuak dan terjadinya peristiwa di Bima. Kesatuan Brimob terlibat di kedua tragedi tersebut. Saya jadi heran, kenapa Polri sampai menurunkan kesatuan elitnya hanya untuk berhadapan dengan masyarakat sipil. Bukankah ada kesatuan dalmas? Sudah terlihat jelas bagaimana Polri telah salah menggunakan alatnya (baca: aparat) dalam bertugas.
Dalam Kepolisian sudah terbagi-bagi menjadi beberapa kesatuan, misal Satuan Lalu Lintas (Satlantas) yang bertugas mengurusi lalu lintas, Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) bertugas menangani tindak kriminal, Provos bertugas menangani anggota yang bermasalah, Sat Intel melakukan kegiatan intelejen, Dalmas (pengendali massa) dengan tugas yang bersifat preventif atau pencegahan, dan masih banyak kesatuan lainnya dengan tugas masing-masing.
Sampai sekarang saya masih bingung dengan Brimob, tugas kesatuan ini sebenarnya apa? Menangani demonstran? Jelas tidak mungkin, masak menghadapi demonstran yang notabene orang sipil sampai menggunakan senapan serbu, selain itu juga sudah ada dalmas yang tugasnya memang menangani massa.
Berperang? Kita sudah punya TNI yang jumlahnya cukup banyak dan mempunyai kemampuan sangat hebat. Bahkan, kabarnya Pasukan Elit TNI AD (Kopassus) adalah pasukan elit terbaik ke 3 dunia. Jadi, seandainya benar-benar terjadi perang kayaknya TNI saja sudah cukup.
La, Brimob terus disuruh ngapain? Bubarkan? Terserah, EGP!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar