Total Tayangan Halaman

Rabu, 28 Desember 2011

Diklat Jurnalistik

Yogyakarta - Inilah kesempatan emas buat anda semua. Dalam rangka menjawab tantangan dunia tulis-menulis dan informasi masa kini; PPWI DIY berkolaborasi dengan Institute Jurnalistik Rakyat Indonesia (IJRI) dan IMM UAD memprakarsai kegiatan Diklat dan kuliah praktis jurnalistik secara gratis. Misi pokok berdirinya PPWI DIY dan IJRI adalah memfasilitasi setiap orang tanpa mengenal perbedaan profesi dan umur, mampu menjadi seorang penulis ternama di berbagai media cetak (koran, majalah dll) dan media elektronik (online).

Pelatihan Jurnalistik yang ditekankan adalah praktik menulis total. Orang yang tak punya duitpun bisa ikut acara ini, karena digratiskan. Kegiatan pelatihan dan seminar menulis edisi perdana sukses dihelat di Kampus 3 UAD Yogyakarta pada 18 Desember 2011 kemaarin secara gratis total. Dengan jumlah peserta ratusan orang.

Di samping setiap peserta didampingi selama 2 bulan penuh oleh para mentor yang ahli dalam bidang jurnalistik, Diklat Jurnalistik Lanjutan ini dilakukan dengan berbagai teknik sehingga proses pelatihan menulis terus berlanjut dan intensif. Rencananya tanggal Ahad, 8 Januari dan 22 Januari 2012 besok, juga akan diadakan Diklat Jurnalistik Lanjutan 1 dan 2 di Kampus 3 UAD Yogyakarta pada pukul 09.00-13.00 WIB.
Pendaftaran acara ini gratis, tapi mohon kebijakan setiap peserta untuk menginfakkan minimal Rp 50.000 agar program ini terus berlanjut di masa depan. Setiap peserta mendapatkan fasilitas berupa buku-buku jurnalistik dan bahan makalah perkuliahan pendukung, piagam dll. Target acara ini adalah setiap peserta bisa menghasilkan karya tulis dalam bentuk apapun di media massa cetak dan elektronik, sekaligus mendapatkan honor dari kegiatan menulis.

Yang membuat berbeda acara ini adalah diselenggarakan secara gratis, dan setiap peserta akan dibimbing secara intensif selama 2 bulan penuh (8 Januari - 8 Maret 2012) melalui 2 kali perkuliahan interaktif (Diklat Jurnalistik Lanjutan 1-2 pada tanggal 8 dan 22 Januari 2012. Dan selama 2 bulan penuh, tiap peserta dibimbing khusus secara langsung oleh para mentor.

Dikarena keterbatasan ruangan, bagi masyarakat yang ingin ikut program ini bisa mendaftarkan diri melalui SMS ke: Reza-087737977731, Lokana-08995105089, Sulis-085868391622 maksimal 5 Januari 2012. Adapun materi yang dikupas selama 2 bulan perkuliahan meliputi kaidah dan bahasa jurnalistik, kiat menulis artikel di media, menggali ide menulis, menulis resensi, jurnalisme online, menulis press rilis, teknik fotografi, kode etik jurnalistik, menulis buku, menulis novel dan cerpen serta puisi, praktik menulis langsung, mengatasi kendala menulis, belajar dari para pakar jurnalistik dll.

Para mentor yang pernah mengampu program ini adalah: Prof Philips (pakar jurnalistik dari Amerika Serikat), Octo Lampito (Pemred Kedaulatan Rakyat), Sihono HT (Ketua PWI DIY), Wilson Lalengke (Ketum PPWI), YB Margantoro (Redaktur Senior Bernas Jogja), Achmad Munif (Novelis), Sutirman Eka Ardhana, Hamdan Daulay (Dosen), Anggit Noegroho (mantan Pemred Joglo Semar), YA. Soenyoto Alm. (mantan Pemred Solopos dan Harian Jogja), Jayadi K. Kastari, Ichwan Prasetyo (jurnalis) Supadiyanto (kolumnis), Sukoco (TV One), Sonya Helen S. (Kompas) dkk. (*)

NB: pendaftaran bisa juga melalui email: ppwi_diy@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar